Rabu, 12 Februari 2014

Gochujang

Demam Korea?
Nggak juga, sih. Bukan efek Halyuwave lhoo... aku bikin sambal khas Negeri Ginseng ini.

Aku memang suka budaya dan seni negeri manapun, yang kurasa unik dan indah. Termasuk kulinernya, karena aku doyan makan, gembul euy...

Tentang Korea, yang jadi pemantik kesukaanku adalah drama(romantic)nya. Dari dramanya, jadi suka cari tau budaya dan kulinernya. Boysband dan Girlsband? Haha... yang satu ini sih aku kudate daaah, ga mudeng. Cuma tau Suju sama SNSD, itu juga cuma tau satu personilnya aja, Si Won sama Yoon A. Nama and muka doang kkk

Nha, saat asyik menonton drama, kan ada tuh scene scene yang lagi makan makan. Sepertinya orang sono ni'mat banget makan yang panas panas langsung dari pancinya haha. Makanan yang pertama bikin aku penasaran, sih... Kimchi.

Keliatannya segerr gitu, apalagi setelah tau kimchi itu adalah asinannya Korea. Daaan, dikehamilan ke dua ini entah ya, pingiiin banget nyobain kimchi. Ke resto Korea sepertinya kantong teriak teriak deh, "Jangaaan, aku ga ada isinyaaa!!" :D

Akhirnya dapet beli di supermarket, ternyataaa rasanyaaa... Hm, aku ga mo recomended deh. Biar penasaran, pembaca nyoba sendiri aja hihihi...

Truss... aku mo nulis/bagi apa nih sebenarnya?
Heheu kan judulnya GOCHUJANG, jadi aku mau bagi resep a la aku, karena barusan dah praktik bikin. Resep aku baca sih dari hasil searching ke eyang Gugel.

Yuk, baca dulu

Bahan :
Cabe merah Tewe atau Tanjung 5 buah buang bijinya, ini kupakai biar dapet warna yang cakep.
Cabe merah kriting 7 buah
Cengek domba/rawit merah 11 buah, ini sih terserah yaa tingkat kepedasannya mau seberapa. Haluskan/uleg.

Nah, klo diresep resep hasil googling ketiga cabe itu ditulis 3 sm cabe merah bubuk, jadii yang pake cabe segar itu akalanku saja, karena nggak/belum punya cabe bubuk, heheu.

Bahan yang ke dua
2 sm air cuka
Aku ganti air cuka dengan air jeruk nipis.

Yang ke tiga
1 sm gula putih

Kemudian...
4 sm kecap asin

Yang terakhir 2-3 siung bawang putih, uleg, aku pakai 4 siung.
Bahan bahan di atas baru tahap satu.
Kita olah dulu yuuuk

Campur cabe halus, air jerpis/cuka, gula dan kecap asin. Aduk sampai gula larut, kemudian masukkan bawang putih, aduk merata.

Klo sudah jadi, lakukan tahap 2.
Masukkan 2 setengah sendok teh gula putih, 8-10 sm air jerpis/cuka, 10 sm tepung ketan putih. Aduk semua hingga merata. Gochujang pun siap dipakai, klo di Korea sambal ini difermentasikan, hingga awet bertaun-taun.

Untuk hasil fermentasi yang terbaik, gunakan wadah keramik/tembikar yang tertutup rapat. Bisa juga gunakan wadah plastik kedap udara, atau toples kaca.

Karena sifatnya asam, jangan gunakan wadah dari alumunium atau kaleng. Setelah difermentasi, bisa disimpan di kulkas.

Hasil dari percobaanku ini, pas dicobain rasanya... wuih, rame...
Pedes, asem, manis dikit. Fresh from the oven. Belum mengalami penyimpanan/fermentasi. Bebera hari lagi akan kutulis di sini (edit) hasilnya. In sya Alloh, moga ga lupa. Faktor U :D

Gochujang ini bisa untuk masak Bibimbap, Tteokbokki, Kimchi, dan beberapa masakan Korea lainnya ( belum apal heheu )

Ok, met nyoba yaa...
Eh, lupa. Resep dengan takaran tadi menghasilkan gochujang setoples kaca sambal terasi *BC.

3 komentar:

  1. rasanya sama sperti gochujang korea asli ya kak? ..pengen coba.tp gak pasti bisa dipakei buat bikin saus tteokbokki apa ngak ya.... ,:)

    BalasHapus
  2. rasanya sama sperti gochujang korea asli ya kak? ..pengen coba.tp gak pasti bisa dipakei buat bikin saus tteokbokki apa ngak ya.... ,:)

    BalasHapus
  3. Belum pernah nyicip yang asli dari Korea siiih, tapi yang ini udah kucobain bikin tteokbokki, enyaaak. Hanya pedesnya kurang nampol menurutku^^

    KoyaKoyaBI, udah nyoba bikin belum?

    BalasHapus