Minggu, 23 Februari 2014

Kimchi Sawi home made

Anyeonghaseo...
Halah, bisanya cuman gitu sama Saranghae hehe...
Berhubung hari ini aku mo nulis resep asal Korea sono, jadi nyapa dulu begitu (kudu ya? :D )

Today aku mo berbagi resep dari hasil praktikum di laboratorium idaman emak emak, mana lagi klo bukan dapur ( itu sih klo emak emaknya aku yaa)

Kimchi Sawi
Pict. by : Andar_Art Roemah Tjahaya


Aku nyoba resep ini dengan takaran yang nggak manut banget sama resep resep hasil nggugel, udah keburu males lihat resep dan nimbang n naker naker :p jadi kusiapin aja bahan bahan dan bumbu yang dibutuhkan.

-Sawi putih, ada setengah kiloan.
-garam krasak, garam jadul gitu daaah yang tanpa yodium,   masih asli dari air laut (mungkin). Aku pakai 3-4 sendok makan dilarutkan dalam air 2-3 liter dalam wadah/baskom.
-Gochujang, yang juga kubuat sendiri, resepnya udah kuposting juga. Kupakai 3-4 sendok makan.
-6 siung bawang putih, parut/uleg.
-setengah jempol jahe, parut.
-bubuk cabe, aku pake boncabe. Beli mendadak karena nggak punya stok (dan ga pernah punya hehe) aku pake yang level 15 karena adanya itu, dikira kira aja takerannya sesuai selera masing-masing.
-satu buah jerpis ukuran sedang pengganti cuka, peras airnya.
-garem, satu sendok teh, atau sesuaikan selera asin kamu kamu.
-kecap ikan, harusnya pake 1-2 sm. Aku nggak pake karena nggak punya :D
-satu batang daun bawang, bisa iris 1-2 cm atau rajang halus.

Caranya : cuci bersih kuntum sawi perlembar di bawah kucuran air, langsung di bawah kran, sampai yakin bersih, kanyut tuh ulet ame kotoran yang nempel. Trus, rendem sawi ke dalam air larutan garem, kurang lebih 6 jam. Aku ngrendemnya ampe 12 jam ( ngrendem dari setengah 6 sore, sempetnya eksekusi jam segitu. Malemnya alarm kagak berhasil ngebangunin, jadi pukul 6 pagi baru ngerjain itu proses bikin Kimchi Sawi  hehe)

Setelah sawi rendaman dicuci/bilas dari air garam, teteup ya gunakan air mengalir. Balurin pake bumbu/bahan yang sudah disebutkan tadi, pada tiap lembar sampai pangkalnya, klo mo diutuhin, potong-potongnya nanti klo mo makan. Ato potong potong dulu sawi sesuai selera, aduk deeh sama bumbunya. Simpan dalam wadah kedap udara, toples kaca atau plastik. Yang hobi koleksi Tuppy, bisa juga. Simpan dulu sehari semalam dalam suhu ruang, baru masukkan kulkas.

Klo di negeri asalnya sono, Kimchi tradisional di simpen dalam guci gerabah.

Hasil praktikumku ini, rasanya lebih enak dan seger dari produk kemasan yang pernah kubeli di hypermart. Sudah seminggu nggak/belum berasa kayak oseng sawi basi (hehe... maaf, tapi begitu dah kata temen n suami yang nyicip produk kemasan onoh)

Ya udah, atuh. Sok mangga yang penasaran sama rasanya, bisa langsung ke lab. buat praktik heheu
Enak buat temen makan nasi, meski tanpa temen/lauk lainnya
maksi sama Kimchi dan Nori, yummy
Pict. by : Andar _ Art Roemah Tjahaya



3 komentar:

  1. heuheuuyy....... all about korea cuisine :D

    BalasHapus
  2. Whuaa, nuhun sudah mampir, Teh Evi. Berantakankeneh yeuh, ajarin ngeblog dooonk.
    Aku memang suka kuliner asia n timur tengah

    BalasHapus
  3. Waaah makanannya khas korea banget. Ulasannya sangat menarik. Senang sekali dapat berkunjung ke laman web yang satu ini. Ayo kita upgrade ilmu internet marketing, SEO dan berbagai macam optimasi sosial media pelejit omset. Langsung saja kunjungi laman web kami sboplaza.com ya. Ada kelas online nya juga lho. Terimakasih ^_^

    BalasHapus